Berikut ini akan saya sampaikan sejumlah evaluasi pada situs jogjakota.go.id, di bagian Help users recognize, diagnose, and recover from errors
- Pesan kesalahan yang ditampilkan menjelaskan bahwa yang melakukan kesalahan bukanlah sistem, tapi pengguna.Pada situs jogjakota.go.id, saya mencoba mengisi menu guestbook yang terdapat di menu KONTAK secara asal untuk memicu pesan kesalahan yang terjadi. namun pesan kesalahn yang muncul menyatakan bahwa kesalahan dilakukan oleh user, seperti terkesan menyatakan bahwa sistem selalu benar, tanpa menyatakan secara detail bagaimana cara memulihkan diri dari kesalahan tersebut. misal, dikatakn alamat email salah, akan tetapi tidak diberi contoh tentang penulisan alamat email yang benar pada hint.Severity rating (skor keparahan) dibagian ini yakni 2, hanya permasalahan tata bahasa dan sedikit tambahan cara memulihkan diri dari error. sehingga sebaiknya diperbaiki pada saat maintenance, agar user lebih merasa nyaman ketika melakukan suatu kesalahan pada sistem dan mudah mempelajari bagaimana memulihkan kesalahannya.
- Pesan kesalahan tidak menunjukkan separah apa kesalahan yang terjadi
pada kesalahan seperti poin no.1 diatas, sistem tidak memberikan suatu tingkatan kesalahan yang dilakukan user, sehingga user akan merasa kesalahan yang ia lakukan biasa saja, sehingga ia tidak belajar dari kesalahan yang telah ia lakukan. Severity rating (skor keparahan) dibagian ini yakni 1, hanya permasalahan pemberian tingkat kesalahan yang terjadi dalam sistem.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar