Berikut ini akan saya sampaikan sejumlah evaluasi pada situs jogjakota.go.id, di bagian Visibility of system status
- Setelah pengguna menyelesaikan sebuah/serangkaian aksi, tidak ada feedback ataupun notifikasi yang menyatakan sukses tidak nya aksi tersebut
Pada situs jogjakota.go.id, saya mencoba mengisi menu guestbook yang terdapat di menu KONTAK.
Pada bagian Guestbook, saat saya telah mengisikan sejumlah requirement pada field diatas lalu mengklik menu submit, tidak ada notifikasi yang menyatakan bahwa apakah yang kita isi sukses terentri pada sistem, namun hanya tampak seperti page tersebut seperti di refresh saja.
Hal ini tentu menjadikan user tidak merasa nyaman, karena user akan berpikir "Apakah proses yang saya lakukan sudah berhasil atau belum ya?" Sehingga, sebaiknya dibuat suatu notifikasi apabila suatu input user sudah sukses, karena tentu tidak semua user akan nyaman dengan hal ini, bisa saja ada user yang penasaran lalu ia menginput secara terus - menerus karena tidak ada notifikasi bahwa apa yang telah di input user tersebut sudah sukses.
Oleh karena itulah severity rating (skor keparahan) di bagian ini menurut useit dikategorikan sebagai 2, yakni sebaiknya segera diperbaiki dan diberikan prioritas menengah ketika situs akan diperbaiki / maintenance, karena seperti yang saya sampaikan sebelumnya, tidak semua user akan nyaman dengan hal ini.
- ikon-ikon dan skema desain pada halaman sistem belum konsisten
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhYmQQpoHsuWsCfQj5Xm0yim1SVdZR02MnsBK6iE-HRU6XUuWR-NvUEd6zn7LvmdwSDIBwTpf0djP8IWbd4C0CXZZ53kpCS7NPISUDQLi7rHyQXX8wrAychYSbWw5wjWozrh96UtBmbUlE/s320/www.PNG)
Pada gambar diatas, terdapat ketidak-konsistenan gambar pada menu yang sama, yaitu info kota (dilingkari berwarna merah), dan travel guide (dilingkari berwarna biru). severity rating (skor keparahan) di bagian ini menurut useit dikategorikan sebagai 1, yakni bukanlah suatu prioritas terutama dalam maintenace sistem, namun sebaiknya tetap diperbaiki mengingat kita hanya perlu mengganti logo menunya saja, jadi seharusnya proses bisa berjalan lebih cepat.
Pada situs jogjakota.go.id, saya mencoba mengisi menu guestbook yang terdapat di menu KONTAK.
Pada bagian Guestbook, saat saya telah mengisikan sejumlah requirement pada field diatas lalu mengklik menu submit, tidak ada notifikasi yang menyatakan bahwa apakah yang kita isi sukses terentri pada sistem, namun hanya tampak seperti page tersebut seperti di refresh saja.
Hal ini tentu menjadikan user tidak merasa nyaman, karena user akan berpikir "Apakah proses yang saya lakukan sudah berhasil atau belum ya?" Sehingga, sebaiknya dibuat suatu notifikasi apabila suatu input user sudah sukses, karena tentu tidak semua user akan nyaman dengan hal ini, bisa saja ada user yang penasaran lalu ia menginput secara terus - menerus karena tidak ada notifikasi bahwa apa yang telah di input user tersebut sudah sukses.
Oleh karena itulah severity rating (skor keparahan) di bagian ini menurut useit dikategorikan sebagai 2, yakni sebaiknya segera diperbaiki dan diberikan prioritas menengah ketika situs akan diperbaiki / maintenance, karena seperti yang saya sampaikan sebelumnya, tidak semua user akan nyaman dengan hal ini.
Pada gambar diatas, terdapat ketidak-konsistenan gambar pada menu yang sama, yaitu info kota (dilingkari berwarna merah), dan travel guide (dilingkari berwarna biru). severity rating (skor keparahan) di bagian ini menurut useit dikategorikan sebagai 1, yakni bukanlah suatu prioritas terutama dalam maintenace sistem, namun sebaiknya tetap diperbaiki mengingat kita hanya perlu mengganti logo menunya saja, jadi seharusnya proses bisa berjalan lebih cepat.
Baiklah,sekian review evaluasi Heuristic Evaluation bagian Visibility of system status, semoga dengan evaluasi ini situs Jogjakota.go.id dapat sedikit berbenah untuk meningkatkan kualitas situsnya menjadi lebih baik lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar